KATA BIJAK HARI INI

05 June 2008

Mahasiswa dan Pembangunan Kesehatan

Berbicara tentang pembangunan kesehatan, maka terlebih dahulu kita mesti mengerti apa tujuan sebenarnya dari pembangunan kesehatan tersebut. Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
Dasar fundamental dari pembangunan kesehatan ini adalah dasar moral, yaitu prikemanusiaan yang berdasarkan ke Tuhanan Yang Maha Esa. Beberapa hal mendasar lainnya yang mesti diperhatikan dalam pembangunan kesehatan, antara lain, pemberdayaan dan kemandirian setiap orang dan masyarakat; pengutamaan upaya dengan pendekatan pemeliharaan; adil dan merata, setiap orang mempunyai hak yang sama
Adapun empat strategi utama dalam pembangunan kesehatan, yakni:
1. Menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat;
2. Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas;
3. Meningkatkan system surveilans, monitoring dan informasi kesehatan; dan.
4. Meningkatkan pembiayaan kesehatan.

Mahasiswa sebagai agent of change dan agent of social control, memiliki tanggungjawab intelektual dalam mewujudkan masyarakat yang adil makmur. Untuk mencapai kondisi masyarakat yang dicita-citakan tersebut, derajat kesehatan yang setinggi-tingginya untuk setiap orang dan masyarakat mesti terpenuhi. Hal ini menjadi alasan mengapa sehingga mahasiswa harus ikut andil dalam pembangunan kesehatan. Tanggungjawab ini tentunya akan lebih besar lagi bagi mereka yang dalam kehidupan akademisnya berkutat dengan masalah kesehatan.



Beberapa peran yang dapat dilakukan mahasiswa sebagai anggota masyarakat dalam pembangunan kesehatan antara lain, ikut memberikan pelayanan kesehatan, ikut memberikan advokasi untuk kesehatan, serta ikut mengawasi pelayanan masyarakat dengan menggunakan potensi yang dimilikinya.
Namun akhirnya perlu diingat bahwa berbicara masalah kesehatan tidak hanya akan bisa diselesaikan tersendiri karena kesehatan sangat dipengaruhi oleh hal-hal lainnya seperti pendidikan, politik, ekonomi, dan lain-lainnya. Oleh karena itu, hal yang mutlak dilakukan untuk melakukan pembangunan kesehatan adalah setiap stakeholder harus melihat permasalahan kesehatan secara holistik tidak partikulir.



No comments: